6 Rekomendasi Dompet Crypto (Hot Wallets) Berdasarkan Blockchain

Rekomendasi Dompet Crypto (Hot Wallets) Berdasarkan Blockchain

Pengguna dan pemegang mata uang digital crypto di tanah air kian hari kian bertambah, ini selaras dengan hasil survei yang dilakukan oleh C-Sharpcorner, Indonesia menduduki peringkat 8 sebagai negara dengan holder (pemilik/pemegang) crypto. Ada sekitar 7 juta penduduk Indonesia yang telah memegang mata uang crypto untuk tujuan yang beragam, investasi, atau untuk kebutuhan lain-lain seperti use case crypto itu sendiri.

Bahkan banyak pengamat ekonomi berpendapat bahwa masa depan uang kripto ada di tanah air, ini mengingat jumlah penduduk kita yang terbilang cukup banyak dan menjadi salah satu target investasi yang menjanjikan. Lihat saja bagaimana perusahaan-perusahaan asing dalam segmen startup berbondong-bondong ke negara yang kita cintai ini untuk mengembangkan usaha dan menjaring konsumen baru.

Jika Anda merupakan salah satu dari 7 juta warga Indonesia yang saat ini memegang crypto dan masih menyimpan aset crypto Anda di exchanger seperti Indodax, Tokocrypto, Pluang, dan yang lainnya, ada baiknya Anda mengenal dompet crypto atau hot wallet yang dapat Anda pergunakan sebagai alat penyimpanan mata uang crypto itu sendiri, ini mengingat rawannya aksi pencurian di dunia crypto yang akhir-akhir ini marak terjadi, belum lagi aksi penutupan exchanger yang bisa saja menimpa exchanger yang kami sebutkan di atas dikemudian hari nanti. Dengan memiliki dan menyimpan aset crypto Anda di dompet crypto khusus, Anda akan memiliki banyak pilihan untuk membuat aset Anda aman, tentu saja keamanan dalam dunia crypto tidak ada yang 100%, menyimpan aset di hot wallet juga memiliki kerentanan untuk diretas.

Hot Wallet

Hot Wallet adalah dompet crypto yang dikembangkan oleh beberapa blockchain untuk memberikan fasilitas penyimpanan kepada pengguna atau pemilik crypto dari blockchain itu sendiri. Di beberapa dompet crypto, tersedia fitur-fitur yang memberikan kemudahan kepada user untuk berinvestasi dengan mempertaruhkan set mereka atau yang lebih dikenal dengan staking. Bukan hanya itu saja, melalui hot wallet pengguna juga dapat berpartisipasi dalam kebijakan keberlanjutan blockchain itu sendiri melalui pemungutan suara pengguna yang dapat dilakukan melalui dompet crypto.

Saat ini, banyak sekali dompet crypto yang dikembangkan ditengah semakin tingginya peminat akan mata uang yang hadir di zaman internet ini. Bahkan ada yang datang dari pengembang diluar blockchain itu sendiri. Contohnya saja Trust Wallet. Hot wallet ini sangat populer dikalangan peminat crypto berkat kredibilitas Trust Wallet sejauh ini sebagai wadah penyimpanan mata uang crypto. Anda juga dapat menukarkan (swap) aset crypto Anda dengan crypto lain melalui fitur yang ada di Trust Wallet itu sendiri. Bahkan Anda dapat menambahkan token milik Anda dengan memasukan beberapa data agar nantinya token Anda terlihat di dashboard akun Anda di Trust Wallet.

Tapi pada kesempatan ini, kami hanya akan merekomendasikan dompet crypto terbaik sesuai dengan blockchain dimana aset crypto Anda dikembangkan. Artinya, dengan adanya kesamaan blockchain pengembangan, membuat Anda lebih merasa aman menyimpan aset di dompet tersebut.

MetaMask

MetaMask dikembangkan di blockchain Ethereum. Seperti yang diketahui, jaringan blockchain ini adalah jaringan yang paling aktif berkat pengembangan-pengembangan terbarukan dengan mengikuti kemajuan teknologi itu sendiri.

MetaMask tersedia dalam bentuk aplikasi untuk pengguna Android dan iPhone. Bagi Anda yang tertarik menggunakan MetaMask melalui browser, dompet digital besutan Ethereum ini juga tersedia dalam bentuk extension. Silakan pergunakan dengan bijak. Buat akun baru dan simpan data password dan phrase kata Anda. Jangan pernah berikan ke orang lain dengan alasan apapun, karena dengan phrase ini akan mudah untuk pencuri menguras isi aset Anda di hot wallet.

Yoroi

Yoroi dikembangkan di blockchain Cardano. Seperti claim pendiri Cardano baru-baru ini, yaitu Charles H bahwa Cardano sejauh ini sudah membuat jutaan alamat aset di jaringan mereka yang menandakan Cardano semakin banyak diminati.

Saat ini saja, melalui catatan Playstore, Yoroi semakin dompet utama Cardano telah di unduh oleh ratusan ribu pengguna dengan rating 3. Sekadar informasi untuk Anda, pengembang Cardano juga merupakan salah seorang pengembang blockchain Ethereum di awal-awal berdirinya Ethereum bersama Vitalik Buterin.

XRP Wallet

XRP Wallet dikembangkan di atas blockchain XRP. Berdasarkan catatan Playstore, aplikasi XRP Wallet telah di unduh oleh ratusan ribu pengguna dengan rating 3,3.

Blockahin XRP merupakan blockchain yang memiliki banyak kontroversi di tengah blockchain lain. XRP memiliki beberapa kasus gugatan hukum dengan otoritas keuangan di Amerika Serikat yang sangat berlarut-larut sehingga membuat harga XRP itu sendiri sulit mencapai harga ATH (all time high) baru.

Phantom

Apakah Anda merupakan penggemar dari blockchain SOLANA ? Sudah seharusnya Anda mengenal dompet digital PHANTOM yang merupakan hot wallet yang banyak digemari oleh pemegang coin SOL. Dompet ini memberikan fitur-fitur menarik dengan tersedianya penyimpanan NFT dan fitur staking untuk pemilik aset SOL.

Tersedia dalam bentuk extension dan aplikasi yang dapat Anda unduh melalui Playstore. Sejauh ini, ratusan ribu pemegang SOL telah mengunduh apk Phantom di Playstore dengan rating 3,8.

Polkawallet

Jika Anda merupakan pemilik aset di beberapa jaringan blockchain Polkadot, sudah seharusnya Anda mengenal hot wallet Polkawallet yang sangat direkomendasikan untuk pemilik aset di blockchain Polkadot dengan coin utama DOT.

Berdasarkan catatan Playstore, sejauh ini hanya 50ribuan pengguna saja yang telah menginstal Polkawallet di smartphone. Ini tentu saja sebanding dengan perkembangan jaringan blockchain Polkadot itu sendiri sejauh ini.

Cosmostation

Apakah Anda seorang Cosmonouts ? Mereka yang aktif di jaringan blockchain Cosmos disebut Cosmonouts. Blockchain ini merupakan solusi penghubung antara blockchain yang kian hari kian bertambah. Untuk memudahkan sesama blockchain berinteraksi, artinya pengguna memiliki kemudahan untuk mengirim token di jaringan blockchain yang berbeda, hadirlah Cosmos sebagai interchain yang dapat diandalkan.

Jika Anda tertarik untuk menjadi Cosmonouts, jangan lupa untuk mengunduh dompetnya terlebih dahulu dengan nama Cosmostation. Hot wallet ini juga tersedia di Playstore untuk Anda unduh secara gratis. Sampai saat ini berdasarkan penilaian pengguna, Cosmostation memiliki rating 4,4.

Pertanyaan ?
  • Bagaimana jika saya memiliki Shibainu, Dogecoin, Avalanche, Polygon, dll ?
  • Apakah menyimpan aset di Hot Wallet aman ?

Jika Anda memiliki coin yang berbeda diluar jaringan blockchain yang kami rekomendasikan di atas, Anda dapat dengan mudah mencaritahu di Google hot wallet apa yang sangat direkomendasikan untuk aset Anda. Misalnya saja dompet crypto Trust Wallet, WalletConnect, dan Coinbase Wallet. Atau Anda dapat menambahkan alamat RPC coin Anda di MetaMask.

Tidak ada 100% aman ketika Anda menyimpan aset di Hot Wallet. Setidaknya Anda dapat mengantisipasi kegiatan pencurian dengan menyimpan dengan baik password Anda, kata phrase Anda, jangan pernah berikan kepada pihak lain dengan alasan apapun! Ini merupakan celah untuk hacker masuk ke dompet Anda dan mengeksploitasi aset Anda dengan mudah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kirim Pesan
Hai, Selamat Datang

Jam Operasional:

Senin s/d Jumat : Pukul 08:30 s/d 21:00 WIB
Sabtu : Pukul 08:30 WIB s/d 17:00 WIB
Minggu : Pukul 08:30 s/d 12:00 WIB

Kami tetap melayani Anda diluar jam operasional dengan slow respon.

Saya ingin melakukan pembayaran/pemesanan/pembelian untuk ..... ?